(bukan) Pengumuman atau Iklan

Dimulai dari setahun lalu hingga seminggu yang lalu, saya selalu mendapatkan permintaan terkait No Pin sebuah produk Ponsel Pintar πŸ™‚ Tapi setiap kali saya jawab bahwa saya tak memiliki ponsel pintar tersebut, orang orang tidak percaya dan selalu mengerutkan kening seolah olah saya makhluk aneh dari negeri dongeng.

Kepemilikan ponsel pintar hari ini memang mendunia. Tapi saya memang benar benar tidak memiliki nya. Ponsel saya sejak 3 tahun yang lalu merk Phillps tipe E 100 yang memiliki fitur standar Sms, MMS, WAP dan Radio FM. Harganya saat saya beli 3 tahun lalu sekitar Rp400 rb. Hari ini? sepertinya sudah tidak ada di pasaran πŸ™‚

Gambar dari http://www.phonegg.com/Philips/E100/Philips-E100.html

Pilihan saya jatuh pada ponsel ini karena produsennya terkenal dengan ketahanan baterai yang luar biasa. Alasan yang sama juga dikemukakan oleh teman teman yang sering bekerja ke lapangan. Kebanyakan dari mereka memilih ponsel monokrom dengan fitur fitur sederhana dan tanpa koneksi jaringan internet. Dari sisi harga, ponsel ini terhitung murah, sekitar sepersepuluh dari harga ponsel pintar tipe menengah πŸ™‚

Untuk saat ini pilihan teman teman yang sering ke lapangan adalah ponsel monokrom seperti di bawah ini. Sayangnya, hanya merk nokia saja yang masih mengeluarkan model monokrom, yang lain tidak.

Gambar dari http://www.gsmarena.com/nokia_1280-3008.php

Ponsel yang kami gunakan sangat bermanfaat sekali di lapangan. Fitur yang sederhana dan tak njelimet memudahkan kami untuk berkomunikasi dan terkadang kami gunakan untuk menentukan titik ordinat yang lebih realistis. Contohnya saat pekerjaan pembuatan jalan di wilayah indonesia timur, kami membangun basecamp berdasarkan keberadaan sinyal ponsel.Β  Kekuatan sinyal yang paling maksimum kami gunakan sebagai area berkumpul untuk sekedar berbincang, mengerjakan laporan, membuat peta, koordinasi bahkan sekedar minum kopi dan mengirim sms pada sanak family.

Ponsel pintar dengan fasilitas “wah” tak dapat kami gunakan secara maksimum karena kekuatan baterai yang minim. Lagipula, bekerja dilapangan penuh dengan resiko yang tak terduga. Teramat sering ponsel kami terjun bebas hingga berantakan. Lalu dengan senyum dan tertawa tanpa rasa was was, kami memungut dan memasang bagian ponsel satu persatu untuk kemudian mencoba menyalakannya kembali.Β  Dan ponsel itu tetap perkasa πŸ™‚Β  Bayangkan jika kejadian ini menimpa ponsel pintar yang harganya bikin pening kepala.

Maka, jika saat ini saya masih termasuk pada (sedikit) orang yang memilih tidak memiliki ponsel pintar, itu lebih karena alasan yang standar dan masuk akal (menurut saya).Β  Saat ini komunikasi masih cukup terwakili dengan sms yang tidak pernah delay,Β  dokumentasi masih bisa memanfaatkan kamera digital, koneksi internet via modem sudah lebih dari cukup. Kecuali mungkin apdet terkini untuk jaringan socmed? heuheu.. (bagi saya) tak perlu lah itu πŸ™‚

2 thoughts on “(bukan) Pengumuman atau Iklan

Tinggalkan Balasan

