Andai dia tahu..

Generasi pertengahan 80-an pasti familiar dengan sosok Dhea Ananda-salah satu personel trio kwek kwek-  yang nyanyi lagu di atas. Nah, sekitar tahun 90-an saat lagu ini populer,  saya juga koleksi VCD kompilasi musiknya.  Khususnya yang lagu lagu edisi religi.

VCD kompilasi ini saya simpan rapi hingga beberapa tahun kemarin.  Awalnya cuma sayang aja kalo di buang. JAdi saya simpan saja, walaupun tidak pernah saya pasang di vcd lagi.

Nah, ceritanya saya punya keponakan perempuan yang usianya hampir 5 tahun. Dia tinggal berbeda kota dengan saya.  Sejak usianya menginjak 3 tahun, sang ibu kebingungan mencarikan lagu anak anak karena minimnya-bisa dibilang tidak ada- lagu anak anak saat ini. Saat itu saya sodorkan sebuah kaset berisi lagu anak anak dari album pertama Sherina. Kalau tidak salah itu kaset keluaran  tahun 97.

Lagu lagu itu lalu diputar di sebuah Tape, dan alhamdulillah kualitas pita kasetnya masih lumayan bagus. Tapi, keponakan saya nangis karena dia hanya bisa mendengarkan tanpa bisa melihat sosok penyanyi yang biasanya bergerak menari lincah di layar televisi.  Sang Ibu kebingungan menjelaskan, dan kaset itupun hanya bertahan 1 kali diputar di Tape tanpa pernah tuntas.

Tetiba saya teringat koleksi VCD lagu anak anak yang saya miliki dan sekarang masih tersimpan rapi. Saya bongkar dus barang barang dan lalu dengan senang hati saya kirimkan ke kota tempat keponakan saya tinggal.  DAn alhamdulillah, keponakan saya senang dengan lagu lagu Tasya seperti Libur tlah Tiba dll. Tapi yang paling dia suka adalah lagu yang salah satu liriknya adalah..”kemarin, paman datang. Pamanku dari desa..” -saya lupa judulnya-.  Saat bernyanyi lagu itu, dia menirukan gerakan tasya kecil yang menari di layar televisi, sambil kerap bertanya tentang kata kata yang kurang dia pahami seperti apa itu paman, apa itu riang dll.  Kata kata yang mungkin kurang familiar atau jarang didapat di percakapan sehari hari. Maklum saja, kata ‘Oom’ lebih akrab di telinga dibanding paman untuk jaman ini.
Semenjak setahun lalu,  sang Ibu memasukkannya ke sebuah taman bermain dekat rumah.  Otomatis, karena sudah bersekolah maka koleksi lagu anak anak bertambah dari kegiatan sekolah. Gurunya mengajarkan lagu lagu khas anak anak -yang tidak dijual di manapun- hasil kreasi sekolahnya.  Dari sini, sang ibu sedikit bisa bernafas lega karena kebutuhan sang anak akan lagu anak sudah terpecahkan.


Lalu kemarin  saat kumpul Idul Fitri di rumah, keponakan saya fasih menyanyikan sebuah lagu milik Dhea Ananda yang berjudul Baju Baru.  Ternyata sang Ibu masih menyimpan VCD milik saya. Karena keponakan saya sudah bosan dengan lagu lagu kepunyaan Tasya, maka sang Ibu yang kebingungan membuka kembali dus berisi VCD kiriman 2 tahun lalu.  Tetiba keponakan saya menunjuk CD dengan Cover Dhea Ananda dan minta diputar.
Dan seperti biasa, mulai menyimak lalu sedikit demi sedikit menyanyikan dengan lirik patah patah dan tentunya meniru gerakannya.

Repetisi yang dilakukan hampir setiap hari akhirnya membuahkan hasil. Keponakan saya hafal lirik lagu dan pintar menirukan gerak gerik Dhea Ananda saat menyanyikannya tanpa melihat sumber.  Berbeda dengan saat dia berumur 3 tahun menirukan gerakan Tasya,   gerakan tangan saat menirukan gaya Dhea Ananda begitu mendekati.  Hingga membuat saya terkagum kagum akan potensi peniruan seorang anak. Subhanallah.

Usai satu lagu baju baru, dia bergerak mendekati saya. Lalu berkata dengan polosnya “Mama Ita, ai seneeeng ama Dhea Ananda. Ai mau punya baju dan kerudungnya, rambut Ai juga mau dipotong kayak Dhea Ananda. Mama Ita tahu nggak, rumahnya dimana? Ai mau minta di foto ama Dhea Ananda”

Saat sadar keinginan keponakan saya untuk bertemu Dhea Ananda, saya takkuat menahan tawa. Adik adik saya yang laki udah ngakak duluan begitu tahu keponakannya nge-fans berat ama Dhea Ananda.

Duh,  keponakan saya ngebayangin Dhea Ananda saat ini persis sama dengan Dhea Ananda yang dia lihat di VCD.  Padahal, dandana Dhea di VCD kan, jadul bangeett. Apa jadinya kalo keponakan saya ketemu Dhea Ananda versi sekarang ya??

dasar bocah.. ^^

 

 

 

Tinggalkan Balasan

