Totto-Chan

Category: Books
Genre: Nonfiction
Author: Tetsuko Kuronayagi

One of my fave book. Punya buku ini sejak tahun 1994,fotocopian. Ga tahu kenapa, nggak pernah bosen baca bukunya.
Sampai awal tahun 2006, ketemu judul yang sama di gramedia. dengan cover yang jauh lebih kinclong.. Trus ada temen yang merekomendasikan kalau itu adalah a must read book…Sayangnya..saya udah terlanjur jatuh cinta ama buku ini sejak bertahun tahun lalu.
Ceritanya sederhana banget.. tentang Totto chan.. anak kecil di masa perang dunia 2 yang otaknya penuh dengan rasa ingin tahu,punya sahabat seekor anjing -rocky-. Tapi,, selalu dikeluarkan dari sekolah,karena manurut sang ibu guru,,totto chan adalah anak nakal.
Sampai akhirnya dia”terdampar” di sebuah sekolah alam Tomoe milik bapak Kobayashi. Yang awal ketemu aja, totto chan udah jatuh cinta ama pa kobayashi ini.Gimana nggak..dia sanggup mendengarkan cerita totto chan sampai 2 jam tanpa mengantuk sedikitpun. Amazing !!!
Isi buku ini sebagian besar bercerita tentang murid murid SD Tomoe yang belajar di kelas berupa gerbong kereta api. Tentang betapa Pak kobayashi adalah pendidik dengan wawasan luas dan visi ke depan. Betapa predikat guru atau pendidik itu tidak melulu milik orang yang mengenyam pendiikan tinggi apalagi gelar!!
Betapa terharunya saat bpk kobayashi memperkenalkan petani sebagai guru yang ahli dalam bertani. Dengan rendah hati,dia menyuruh anak-anak untuk bertanya apapun tentang bertani pada petani yang sedang beraktivitas.
Hingga kelainan fisik pun bukanlah menjadi satu hal yang aneh atau mengerikan bagi anak-anak SD Tomoe.
Begitu banyak hal hal yang di explore dari diri setiap anak oleh seorang bapak kobayashi. Membiarkan mereka menjadi diri mereka sendiri,bahwa rasa ingin tahu mereka yang teramat besar itu perlu link yang jelas,bahwa dibutuhkan kecerdasan yang luar biasa untuk menjadi orang tua.
Terakhir…jangan pernah menjustifikasi Nakal terhadap kelakuan anak kecil yang terkadang rada “nyeleneh” dalam pikiran kita. Tapi,,selamilah jiwa mereka,,, sedalam rasa cinta kita yang tak pernah kan sirna..
Dan jangan lupa.. buku ini ditulis oleh salah satu murid bpk kobayashi yang punya nama kecil Totto Chan. So..coba dibaca.. pasti ketagihan!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s