Ngungsi atau Pindah?

Setelah hampir 5 tahun menghuni MP, belajar nulis yang ga penting, punya teman banyak, tetiba saja CEO MP yang baru memutuskan untuk menutup fasilitas blogging nya. Tenggat waktu yang diberikan hingga per tanggal 1 desember 2012 ini. Walhasil, kebingungan melanda MP’ers. Ini gimana pindahannya? Mau kemana pindahannya?

Layaknya orang yang cari rumah baru, maka Blogging pun seperti itu. Butuh adaptasi, kenyamanan dan link pertemanan yang mampu mengikat silaturahmi. Kalau di MP, terhitung komplit (atau udah terlanjur enak nge-blog di MP juga ya?). Kalau bahasa kerennya, MP itu all in deh. Mulai dari group, upload foto kayak album keluarga juga bisa.

Pengalaman saya yang punya beberapa alamat blog, MP adalah yang paling simple, sederhana dan mudah. Padahal pertama kali saya nge-blog di MP, tapi baru hitungan hari saya udah terhitung terampil mengunggah beberapa tulisan. Saya juga memiliki blog di BS, tetapi tidak begitu saya maksimalkan karena masih saja terhitung ribet. Sementara di WP, ini adalah blog pertama saya.

Sedikit bocoran aja, saya kurang begitu suka dengan WP. Entah karena saya sering melihat link ataupun blog di WP ini tulisannya serius semua. Bahkan beberapa teman saya menganggap jika WP itu blog khusus orang tua (mungkin karena saking seriusnya tema tulisannya). Nah, lalu kenapa pula akhirnya saya buka lapak di WP?

Sekedar informasi saja, ini karena WP menyediakan akses untuk proses migrasi dari MP ke WP. Jadi,tulisan (tidak semua tulisan tapinya) saya yang sudah di unggah selama hampir 5 tahun ini tidak perlu dicopy-paste secara manual. Kelebihannya, proses ini berlangsung relatif cepat dan tidak bikin capek. Tapi dibalik itu semua, kekurangannya juga banyak. Antara lain komen dan foto tidak termasuk file yang dapat terunggah otomatis, lalu tag dan kategori tulisan juga tak ter-cover. Selain itu juga TIDAK SEMUA TULISAN terunggah walaupun sudah diubah statusnya untuk dapat dibaca oleh semua orang.

Image

Nah, jadi walaupun sudah memakai fasilitas transfer, tetep saya harus me-recheck kembali jumlah tulisan saya. Dan ini cukup melelahkan ๐Ÿ˜ฆ Lihat saja file tulisan saya ber-tanggal 9 agustus 2012 yang listnya begitu panjang. Gaya banget kan, saya bisa menulis sebayak itu dalam sehari?? Eits, tunggu dulu. Itu adalah tulisan yang tidak ikut terangkut saat pindahan menggunakan fasilitas transfer itu. Alhasil, tanggal 09 agustus itu, mata saya jereng dan kepala saya pening karena bolak balik MP-WP dan WP-MP untuk cek tulisan.

Ketika saya berhasil mengungsikan semua tulisan itu, giliran selanjutnya adalah mengotak atik tampilan dan tetek bengek lainnya. D’oh,ini nih Pe-er saya. WP itu ribeeet banget buat saya. Entah karena saya juga yang males ya? terlanjur tertanam mindset tentang WP yg ga enakeun. heuheu..

Karena saya sudah memilih dan punya account di WP, maka saya harus terima konsekuensinya. Adaptasi dan mulai dari awal lagi. Walaupun itu sedikit ribet dan belibet *apabedanya?* tapiย  tetep harus saya tata hingga sedikit nyaman. Bukan begitu teman teman?

Dan hal yang saya takutkan adalah, saya kehilangan contact dengan teman teman semasa di MP. Kenapa? ya…kan tidak semua memilih untuk pindah ke WP. Beberapa memilih untuk mengoptimalkan situs blog yg sudah terlebih dahulu mereka punya, contohnya BS. Ya,, ada beberapa teman di MP yang udah saling follow-memfollow sebagai sesama penghhuni WP. selebihnya belum. Maka saya pun sering cek inbox MP sekedar untuk mencari taahu tentang info alamat blog terbaru mereka.

Lalu, apakah saya akan tetap di WP? entahlah. Semoga saja. Toh hari ini status saya masih ngungsi, belum pindah. Saya belum terbiasa dengan fitur di WP dan itu mengakibatkan sedikit ketidaknyamanan. Mungkin butuh adaptasi lebih lama lagi. Hingga saya memutuskan bahwa saya akan pindah dan menetap di rumah baru saya, bukan lagi sekedar ngungsi karena tergusur ๐Ÿ™‚

2 thoughts on “Ngungsi atau Pindah?

  1. tapi saya lihat rumah baru di WP ini sudah rapi, kok. Setidaknya dibandingkan punya saya. Mana pindahannya manual lagi *tetap gaptek walau sudah ada tutorialnya*
    Btw, bagaimana membuat kategori2 untuk tulisan kita? Terutama untuk tulisan yang sudah terlanjur diposting.

    • Nggak rapi bu. liat aja arsip tulisan bln agustus 2012 yg isinya >70. itu sebenarnya tulisan yg ga keangkut otomatis waktu pindahan.
      Untuk kategori dan tag, saya juga belum ktemu. kmarin nyoba isi kategori dgn tags persis waktu di MP. tapi ditolak. WP bilang kategori ama tag itu beda. Kalo kategori itu seperti tema tulisan sementara tag itu lebih ke kata kunci. akhirnya, saya biarin dulu di uncategories semuanya bu ๐Ÿ˜€ *pasrah dan pusing judulnya ini mah*

      Kalo ibu pindahan manual, mungkin lebih enak mengelompokkannya bu. etapi, entahlah.. saya aja yg sebagian manual, tetep aja bingung ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

