Solusi??

Masalah adalah satu hal yang niscaya di dunia ini. Maka, diperlukan kemampuan problem solving yang mumpuni. Setiap diri adalah problem solver. Tapi, adakalanya dalam interaksi,ada sistem yang membatasi juga skala wewenang.  Masalah akan menjadi pembelajaran yang begitu efektif untuk semua lini. Dengan catatan, bahwa ada proses yang harus dilewati, melalui satu sistem yang berlaku. Proses identifikasi masalah, mencari sumber, menelusuri data, hingga menggunakan tools untuk mempermudah identifikasi. Hingga ditemukan, apa inti masalahnya. Lalu akan segera dilakukan perbaikan. Bekerja adalah proses untuk  mengidentifikasi masalah, sekaligus meng upgrade kemampuan sbagai problem solver.  Dengan masalah, maka terpacu untuk memperbaiki diri hingga meningkatkan kualitas diri. Ujung-ujungnya, meminjam istilah ISO, yaitu Continual Improvement .

 

Tapi, apa yang diharapkan dari  sistem yang tumpul, juga skala wewenang yang bias? Akibatnya adalah penumpukan tanggung jawab, masalah yang tak terselesaikan, kebingungan akan wewenang, tidak percaya diri, gagap dalam bertindak  yang akhirnya melahirkan ketidakpercayaan pada sistem. Sebenarnya, tidak ada sistem yang salah. Yang salah adalah orang orang yang ada di sistem.

 

Inilah jawabannya..Masalah yang tak cepat diselesaikan karena wewenang yang bias. Awal juli ini ada masalah sepele, dan sebenarnya bisa diselesaikan dengan cepat. Tapi karena orang yang berwenang tidak percaya diri, maka keputusan ditunda sembari menunggu orang yang ”disegani,dihormati,dituakan” ada di tempat.  

 

Sudah bisa terbaca sebelumnya. ”beliau” marah dan menganggap kita tidak becus mengambil keputusan akan hal yang sepele. Lalu, beliau muntab. Individu yang terkait dari lini terbawah hingga level puncak  tak ada yang selamat.

 

Kejadian ini bukanlah yang pertama. Kegagapan dalam bertindak, membiarkan masalah bertumpuk tak terselesaikan, hingga yang berwenang ”merasa mampu”, baru kemudian membukanya.

 

Akhirnya, rasa kecewa menghampiri. Menghasilkan satu kata tidak percaya. Untuk sistem, juga untuk orang yang memiliki wewenang.

 

Solusinya? Perbaiki Sistem atau Keluar dari Sistem.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s