Sarung, Martabak Ketan, Putri Malu..Once upon a time

Ini cerita tentang sepotong kisah lama 🙂

Dulu, saat kuliah saya nge-kos di sebuah rumah berkamar 7 yang isinya perempuan semua. Dan dulu juga, saya pernah dikunjungi oleh seorang teman sekelas yang berbeda gender . Kalau kata anak sekarang mah di-apelin. 

Kami memang sering bersama. Bukan karena disengaja, tapi karena memang kondisinya seperti itu. Setiap pulang kami selalu berombongan dengan teman yang kost-annya searah, sekitar 6 – 8 orang. dan kost-an saya adalah yang terjauh. Belum lagi, beberapa kali kami satu kelompok di berbagai praktikum, ini bukan unsur kesengajaan. karena yang membagi kelompok adalah asisten, bukan saya.

Yang lucunya, layaknya kota hujan, hampir dipastikan setiap sore selalu diguyur hujan.  Tipikal saya adalah Malas Membawa dan memakai payung. Lebih baik pake jas hujan. Tapi, lebih sering hujan hujanan sih. Sementara dia, -ini yang bikin saya amazing- setia dengan payung yang bermotif bunga. Dan setiap kali pulang, dia selalu memaksa saya untuk memakai payungnya. Dan setiap kali pula, saya keukeuh memilih untuk berbasah kuyup ria dibanding menerima tawarannya.

Satu waktu, saya lupa membawa tugas praktikum. Maklum, lupa adalah nama tengah saya. Nah..yang hebatnya lagi, tiba tiba dia menyodorkan tugas yang lupa saya bawa. Sementara dia juga memegang tugasnya. Lho?? kok iso?? waktu itu sih nggak curiga, malah bersyukur, ada yang bawain. Setidaknya selamat dari amukan asisten.

Satu malam saat saya sedang rebahan di kamar, ngobrol bareng roommate, tiba tiba dia dateng. Peraturan di Kost an waktu itu adalah tidak mengizinkan tamu laki laki masuk ke rumah. Maka, saya bertemu dengannya di teras depan yang berisi 4 buah bangku. Dan begitu melihat saya keluar dari pintu, dengan spontan tangannya menyodorkan kantong kresek warna hitam. Sambil berkata ” ni, aku bawain martabak ketan, sapa tau Lu belom makan”. Bukannya nerima kresek, saya malah ketawa ngakak. Apa pasal?? Dia dateng ke kost-an saya dengan bersarung ria. Alesannya sih, baru selesai sholat di masjid, trus langsung beli martabak buat saya. *ooww..so sweeet*

Lalu sambil mengucapkan terimakasih, saya ambil kreseknya dan masuk kedalam. Begitu keluar lagi, saya masih melihat dia berdiri. Sambil cengengesan dia minta izin sebentar untuk duduk sambil menunggu pesanan nasi goreng di warung sebelah selesai.

Setelah kejadian itu, kami masih selalu pulang berbarengan dengan teman yang lain. Intinya, kami jadi sahabat baik.

**************

Hitungan tahun berlalu setelah lulus. Penghujung 2006, saya dapet sms dari dia. Senangnya ga ketulungan. Dari situ kami mulai sering berkirim kabar. Hingga bulan april 2008 dia menikah. Sejak saat itu saya tidak pernah kontak lagi.

Bulan Juli, tiba tiba dia menghubungi saya dan bercerita tentang kondisi pernikahannya yang diujung tanduk. Saat itu saya hanya bertindak sebagai pendengar, dan enggan berkomentar lebih jauh. Tapi layaknya seorang sahabat, saya tidak menghendaki ini terjadi. DAn diakhir tahun, rumah tangganya tak terselamatkan.

Tahun 2009, kami tak terlalu sering berkirim kabar. Kami sama sama sibuk dengan kegiatan masing masing.  Idul Fitri 1431 H, dia melawat ke bandung dan saya menjamu di rumah,layaknya seorang teman lama. Kami berbincang segala sesuatu. Sampai ibu saya pun ikutan nimbrung. Dan saya baru tahu, bahwa yang dia ingat dari saya adalah ” jutek dan galak”

Sejak itu kami lost contact lagi. Dan tiba tiba saja….17 Desember 2010, dia mengabari bahwa ahad 19 des 2010, akan melangsungkan pernikahan di bandung dengan rekan sejawatnya. Alhamdulillaaah..

Dan hari itu tibalah saya di resepsi pernikahannya. Dengan senyum dikulum, mendoakan kedua mempelai agar diberkahiNya. Sebagai catatan, tak ada satupun teman kulaih kami yang tahu tentang pernikahannya kali ini, kecuali saya. #What a Special ME!!#

Dan saat berhadapan dengannya, kami berdua tertawa. Entah apa yang ada di kepalanya. Yang pasti, saat itu yang ada di kepala saya hanya Sarung, Martabak Ketan, dan Putri Malu. Once upon a time.

Barakallah untuk kalian Do

Tinggalkan Balasan

