-caper-

Pagi ini saya  ngantor telat -lagi

Bukan ngarang alasan sih, tapi ada Apih (kakek) yang lagi kangen ama cucunya ini. Hampir  3 bulan ini apih tinggal bareng adik mamah karena di rumah kami nggak ada yang ngurus. Masalahnya, mama sakit sakitan jadi ga bisa kasih perhatian penuh buat apih.

Nah, tadi malem apih nginep di rumah. Tapi semaleman itu saya ga ketemu karena pas nyampe rumah, apih udah tidur. Giliran pagi ini begitu ketemu.. hadooohhh… kerepotan!!

Gimana ga repot, bada shubuh apih udah minta dibikinin teh manis dan air panas untuk mandi. Udah gitu, semuanya minta diladenin ama cucu nya yang manis nan baik hati ini . Begitu giliran saya mau pergi ngantor ( jam 7 pagi dari rumah), tiba tiba apih merajuk, minta makan nya disiapin saya -ini yang bingung- dan maksa pulang sendiri ke rumah adik mama. Lha… piye iki?
kalo dibiarin sendiri gimana cara? tar kalo ada apa apa dijalan gimana??

Setelah diajakin ngobrol pelan pelan (tapi dengan volume yang tidak pelan karena pendengarannya udah berkurang banyak sehubungan faktor usia yang menginjak 85 tahun), akhirnya apih mau pulang dianter adik sepupu saya yang tinggal di rumah bareng kami. -huufffth..beres dah..alhamdulillah-. Tapi ternyata saya salah…

Begitu mau keluar pintu rumah, tiba tiba apih manggil saya… Dan begitu saya samperin, beliau menadahkan tangan. Hadeuuuuhhh….. ini sih judulnya minta dibekelin uang. Hahaha… Jadi inget jaman kecil dulu…suka minta uang ama apih, sekarang terbalik, dia yang minta sama saya. Ya udah lah.. saya ambil selembar uang, lalu diselipkan di tangannya. sambil bilang ” ieu artos kanggo jajan di jalan nya? bilih apih hoyong kueh. simpen, bisi ical. ” dan apih mengangguk sambil senyum senang dan memasukkan uang ke saku bajunya.

Diangkot, saya termenung. Berasa kemarin saya minta ini itu saat nganter apih ngambil jatah uang pensiun, sekarang saat apih ingatannya kembali ke anak kecil, giliran apih yang minta ini itu. Trus tanpa sadar sedikit sedih, ingat jika saya belum sempat membalas semua kebaikannya, sering lupa ga nengokin, sering kesal kalo apih udah ngomel tentang hal hal tidak penting, dan belum bisa nyenengin apih.

Maka, saat itu juga saya sadar, semua manjanya hari ini terhadap saya adalah satu cara untuk mendapatkan perhatian saya, bahasa lain dari kangen. Mirip saya yang juga suka merajuk dan marah marah ga jelas kalau lagi tidak diperhatikan. Hehe..

-110311-

Tinggalkan Balasan

