yang pergi..

setiap kita bertarung dengan takdirNya di setiap waktu. kita tidak tahu, apa yang akan Tuhan hadiahkan esok hari. Sehat ataukah sakit, itu bentuk Kado spesial dariNya. Jangan sampai ada kata malas. Bergerak selama tubuh masih mampu. Itu adalah bentuk Syukur atas semua nafas yang masih dijatahkanNya.”

Itu kalimat yang saya ingat saat kita bertemu setahun lalu saat makan siang di sebuah Rumah Makan khas sunda. Saat itu ibu baru sembuh sakit, dengan rambut yang mulai menipis disana sini, dan tangan kiri yang sudah kebas. Tapi ibu masih juga bandel dengan menyetir sendiri mobil ibu, jakarta-bandung pulang pergi.

Ibu makan lahap sekali saat itu. Apalagi saat menemukan makanan kesukaan ibu yaitu “jeroan” lengkap dengan nasi merah. Saya mengingatkan ibu sehubungan dengan kondisi ibu yang ringkih, tapi ibu menolak dnegan alasan, “aku ga tahu jatah umurku sampai kapan. Sakit ini jangan membuat kita tak bisa menikmati hidup. Justru ini satu cara saya bersyukur”.

Masih teramat lekat di ingatan,ibu mengajar di depan kami dengan kemeja biru kotak kotak dan celana panjang yang sudah kebesaran. saat itu ibu mulai sakit dan kehilangan berat badan hingga 15 kg. Wajar saja ibu terlihat begitu kuyu. Tapi ibu tetap mengajar kami dengan semangat.

Ibu, semangat itulah yang kerap melecut kami untuk mencapai titik tertinggi semampu kami.

Sekarang Ibu tidak bisa lagi kami ajak berbicara, tak lagi bisa kami ajak tukar pikiran saat kesulitan menerpa kami, tak bisa lagi mendengar suara ibu yang lantang saat mengajar, tak ada lagi ibu disana, Tak ada lagi ibu yang kuat.

Allah lebih sayang pada ibu, Allah tahu bu..

Dan iya bu.. Saya akan selalu menyelesaikan sesuatu yang sudah saya mulai dengan penuh tanggung jawab. Sesulit dan selelah apapun itu.

Selamat jalan ibu.. Semua yang ibu beri pada kami semoga menjadi amal yang tak akan pernah terputus. amin.

in Memoriam Dr.Ir. Endang Saraswati, M.Si.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s