Life Cycle

Hari ini saya meyakini, bahwa hidup itu tidak seperti yang kita inginkan, tapi hidup adalah seperti yang kita jalani. Saya pernah membaca quote itu, tapi lupa sumbernya.

Hidup itu tidak pernah mudah dan tidak pernah utuh. Rasul saw saja yang jelas jelas manusia mulia, tidak pernah diberiNya kemudahan. Selama 23 tahun masa kenabian, selalu ada onak dan duri, air mata , darah, pun kesusahan. Jadi, apa pula yang mendasari kita, untuk meminta sebuah hidup yang mudah dan utuh??

Kalaulah hidup boleh dianalogikan layaknya sebuah jeruk, maka DIA hanya memberikan kita 2 bagian kecil saja untuk dinikmati. Sisanya?? cari dan temukan dengan semua kesungguhan, dengan semua upaya dan kemampuan. Mengapa?? karena itulah pekerjaan DIA, yang hanya ingin melihat siapa diantara kita yang paling mampu memaksimalkan kapasitas yang diberikanNya.

Memaksimalkan kapasitas dengan melewati semua air mata dan kesulitan adalah sebuah caraNya untuk membentuk manusia manusia tangguh . Sementara bagi kita, berusaha dengan semua kapasitas yang dimiliki adalah sebuah makna syukur. Syukur untuk semua kesempatan dan semua kemampuan yang diberikanNya, dengan cara memanfaatkannya untuk mencari sisa jatahNya yang boleh dinikmati.

Lalu, jika kemampuan sudah maksimal dan jatahNya ternyata tak jua kita peroleh, maka itu adalah sebuah pengakuan mengenai eksistensi diri yang dha’if, yang lemah. Hakikatnya, kita adalah makhluk ciptaanNya yang lemah. Hingga kita butuh untuk meminta padaNya, merendahkan diri dan mengakui kelemahan kita.

Dan akhirnya, kita tahu bahwa DIA bekerja untuk membuat kita menjadi manusia tangguh dengan kapasitas mumpuni yang mampu mensyukuri semua yang dijatahkanNya, tapi tetap mengakui kelemahan diri. Bukan manusia cengeng yang selalu merengek dan tak mampu bersyukur dengan semua limpahan kemampuan diri yang enggan untuk dimaksimalkan, lalu sombong dan jumawa dengan apa yang dipunya.

-19 agt 2010-
percakapan di ujung Dhuha jelang Dzuhur
untuk seorang rekan sekaligus Sahabat, Just keep fighting…for your bright future

gambar diambil dari sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s