Merangkai kata..

Kalau cerita eja meng-eja kayak dezia.. inget jamannya jadi guru privat dulu. Waktu kuliah di bogor,sempet punya murid 6 orang. Rata-rata anak SD. Tapi, ada satu anak TK yang waktu itu minta les membaca

Namanya Ayu. Saya lupa nama lengkapnya. Tinggalnya di TamanYasmin. Sebelum mulai, mamanya ayu udah cerita tentang track record anaknya. Ceritanya Ayu ini baru bisa ngomong ”mama” umur 3 tahun. Itu artinya 2 tahun lalu (dihitung dari waktu itu).

Nah, di sekolahnya, Ayu kesulitan untuk membaca. Sementara teman-temannya yang lain sudah mulai bisa mengeja dan membaca 3 -4 kata., Ayu bahkan belum bisa merangkai jalinan huruf menjadi kata yang utuh. Dan akibatnya, Ayu jadi bahan ledekan teman-teman dan akhirnya bikin Ayu mogok sekolah.

Awalnya, sempet ragu juga. Tapi, Bismillah lah..Lagipula, waktu itu saya lagi butuh tambahan uang (ma’lum..anak kost). Jadilah Ayu murid saya. Dan alhamdulillah,,sedikit demi sedikit ayu bisa mengenal huruf .

Tiba waktu merangkai huruf. Waktu itu saya pake buku yang ada gambar dan tulisan nya dibawah gambar. Trus saya tunjuk huruf demi huruf. Alhamdulillah,,lancar. Sampe..

Ayu : eR O – RO… de a.- Da..

Saya : Jadi…??

Ayu : Diem..

Saya : er o – RO… de …a – Da.,,jadi…

Ayu : BAN !!!

Saya : Kok BAN ?? @#%^*&%#@??

Ayu : iya mbak,,..er o RO..de A Da.. itu dibacanya BAN !!

Dengan gaya yang PEDEEEE abis.

Ya iyyalaaah… Di atas kata yang dieja itu ada gambar roda alias ban !!

Aduuh…ya Allah..berarti anaknya belom bisa baca dong??

Waktu itu sih sedih,,tapi sekarang suka ketawa sendiri.:)

Tinggalkan Balasan

