Pulau Gag

Pernah denger Pulau Gag? Hehe,,saya baru tahu kalau kita punya satu pulau bernama Pulau Gag. Letaknya di Papua Barat. Luasnya sekitar 12×8 km2. Kecil ya?? Penduduknya 600 jiwa. Knapa juga saya jadi ngebahas pulau yang satu ini?

Iya,, critanya teman saya disuruh tugas kepulau ini. Ternyata pulau sekecil ini , kaya akan kandungan mineral. Nikel. Dan sebagai bocoran, nampak nya pemerintah indonesia melalui PT Antam sudah mencapai kesepakatan dengan pihak BHP Billiton(Australia).

Tapi,, proyek ini adem ayem aja di tingkat pemerintah pusat. Sepiiii,,ga da desas desus nya. Padahal,,tahun 1999 sempat dipending proyeknya gara-gara isu lingkungan hidup. Sekedar informasi, pulau gag ini termasuk kawasan hutan lindung raja ampat, dengan terumbu karang yang mengelilingi. Tapi, anehnya lagi, tahun 2004, pemerintah RI mencabut status pulau gag sbagai ”protected forest”. Aneh ya?

Mungkin karena harga nikel dunia udah naik 2x lipat dalam 5 tahun terakhir ini,, jadi pemerintah Indonesia meng-iyakan aja. Padahal,, pulau belitung pun ditinggalkan begitu saja setelah kandungan timah, dan harga timah menukik tajam. Siapa berani jamin, kejadian ini tidak terjadi di pulau gag?

Lingkungan yang rusak, penduduk asli yang termarjinalkan & hanya menjadi penonton, adalah pe er besar Pemerintah RI untuk eksplorasi pulau gag. Analisis Dampak Lingkungan hanyalah sebatas kertas yang tak berbicara. Seperti yang lalu lalu. Sampai teman saya berkata,” sulit untuk melepas lingkaran setan ini, saya hanya berusaha tidak menjadi bagian dari hal yang mengerikan ini.”

Info terkait di : www.indovestor.com, www.asia-pacific-action.org/node/63

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s