Sarimukti 1

Tanggal 20 mei kemarin, seharian di lokasi pemukiman warga daerah sarimukti. Nyari data sekaligus kuesioner untuk masyarakat mengenai keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti.

TPA Sarimukti sendiri letaknya ada di daerah Rajamandala kab bandung (100 m dari perbatasan kab.Cianjur). Jarak Bandung-Rajamandala sendiri 37 Km, sementara lokasi TPA masih 6 KM dari rajamandala. Fyuuh… buang sampah aja jauh banget ya?

TPA ini difungsikan sejak 3 tahun lalu (2005). Mungkin masih ingat waktu Bandung darurat sampah gara-gara TPA Leuwi Gajah longsor,lalu ditutup. Setelah itu beberapa lama bandung ngga punya TPA. Berlanjut dengan difungsikannya kembali TPA Jelekong (ciparay,kab bandung) untuk sementara, kalau ga salah hanya 6 bulan.

Nah, setelah TPA jelekong habis masa berlakunya,maka pemkot bandung kelimpungan nyari tempat buat buang sampah. Semua orang ga mau tempatnya dijadiin TPA. Wajar saja, ditinjau dari sisi manapun, banyak kerugiannya. Harga jual tanah merosot, air tanah yang tercemar, debu, bau, lalat . Selain itu ada kekhawatiran dari penduduk jika kejadian longsornya Leuwigajah terulang lagi. Satu kekhawatiran yang teramat wajar.

Dari tiga TPA diatas, yang paling luas adalah Leuwigajah. Dari sisi jarakpun, relatif lebih dekat dari bandung. Masuk Tol pasteur,keluar pintu Tol Baros 1, maka waktu tempuh pun relatif lebih singkat. TPA jelekong sendiri letaknya lebih jauh. Akses jalanpun lebih sulit. Belum lagi harus melewati jalur padat industri, yang macet pada jam-jam tertentu. Kalau TPA Sarimukti, jangan tanya lagi !! total jendral jarak yang harus ditempuh dari pintu tol pasteur aja 41 km. Jika pulang pergi berarti 82 Km.

Kebayang ga sih? Jarak sgitu ditempuh oleh truk pengangkut sampah hanya untuk buang sampah? Belum lagi harga Bahan Bakar Minyak yang naik. Jika satu kali jalan (pp) truk itu butuh misal 50 lt, harga BBM Rp.6000. Brapa tuh? Sementara menurut informasi, satu truk sampah dalam sehari bisa ngangkut sampah 8 rit (8xpp). Berapa uang yang dikeluarin untuk ngebuang sampah? Belum untuk gaji sopir, uang makan, pungli sepanjang jalan. Mau ngitung? Silakan…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s